6 Tanda Hubungan Kalian Belum Siap Untuk Dilanjutkan Ke Pernikahan

Di awal hubungan saat kalian memang masih saling dimabuk cinta, kalian pasti masih semangat-semangatnya untuk segera membuat komitmen serius dalam hubungan kalian, meskipun kenyataannya kalian memang belum siap untuk serius. Bisa jadi faktor usia dan lingkungan juga yang memaksa kalian untuk segera membawa hubungan kalian ke jenjang pernikahan.

Kalian sebenarnya belum benar-benar siap menikah, tapi karena tuntutan dan paksaan lingkungan membuat kalian harus segera menikah. Jangan pernah menikah hanya karena paksaan dari lingkungan dan usiamu. Menikahlah karena memang kamu merasa sudah siap menjalani kehidupan pernikahan. Sudah siap dari segi mental maupun finansial.

Sebelum kamu mempersiapkan diri kamu untuk menikah, lebih baik cari tahu dulu apakah hubungan kalian memang sudah layak untuk dilanjutkan ke jenjang pernikahaan atau belum dengan mencari tahu 6 tanda hubungan kalian belum siap untuk kalian lanjutkan ke pernikahan ini:

1. Landasan komunikasi hubungan kalian belum sepenuhnya baik dan lancar

Inilah yang menjadi alasan hubungan kalian belum siap untuk kalian lanjutkan ke jenjang pernikahan, karena kalian belum menemukan komunikasi yang baik dan lancar dalam hubungan kalian.

Kalian belum punya cara komunikasi yang cocok untuk kalian terapkan dalam hubungan kalian. Padahal komunikasi adalah landasan untuk membuat hubungan yang langgeng. Kalian harus punya cara komunikasi yang sehat untuk mempertahankan hubungan kalian.

Komunikasi yang sehat bisa dilihat dari keberanian kalian untuk jujur dan terbuka pada pasangan tentang semua hal dan permasalahan kalian.

Kalau sampai sekarang kalian masih sering menutupi sesuatu dari pasangan hanya karena takut dengan hal-hal tertentu, itu tandanya hubungan kalian memang belum siap untuk lanjut ke pernikahan.

2. Kalian belum tahu apa tujuan dari pernikahan yang kalian inginkan

Sudah jelas kalau kalian memang belum menemukan tujuan dan apa yang kalian inginkan dari sebuah pernikahan, kalian memang belum siap untuk menikah.

Kalian tidak tahu apa yang kalian harapkan dan ekspektasikan dalam hubungan kalian. Hal ini terjadi karena mungkin kamu memang belum benar-benar siap menjalani hubungan dengan pasanganmu sekarang. Kamu menjalani hubungan dengannya hanya untuk mendapat status, agar kamu tidak kesepian, balas dendam pada mantan atau hanya karena usiamu.

Jadi mulai sekarang coba kalian tanyakan pada diri kalian, hubungan seperti apa yang ingin kalian jalani. Jujurlah pada diri sendiri dan pasangan apa yang kalian harapkan dari hubungan kalian ke depannya.

Kalau memang kalian punya rencana untuk serius dengan pasangan, persiapkan semua sekarang juga, mulai dari persiapkan mental dan materi kalian.

 3. Pasangan merasa belum siap menjalani pernikahan

Ini bisa menjadi alasan kuat untuk tidak segera membawa hubungan kalian ke jenjang pernikahan. Karena percuma saja kalau pasangan memang merasa belum siap menjalani pernikahan denganmu tandanya dia memang masih belum yakin kalau kalian bisa menjalani rumah tangga yang membahagiakan.

Kamu tidak perlu memaksa pasangan untuk mau serius denganmu, yang harus kamu lakukan adalah pastikan kalian punya tujuan yang jelas dalam hubungan kalian. Berikan waktu untuk pasangan meyakinkan dirinya tentang masa depan hubungan kalian.

Kalau perlu buat kesepakatan batasan waktu yang kamu berikan untuk menunggunya. Kalau memang dengan batasan waktu yang kamu berikan pasangan belum juga mau serius denganmu, tandanya kamu harus tegas untuk meninggalkan orang yang tidak pernah yakin dengan hubungan kalian.

4. Kamu masih tertekan membayangkan kehidupan pernikahan bersama pasangan

Selama berpacaran kalian sering mengalami 9 permasalahan ini sehingga kamu merasa kalau nantinya kalian berumahtangga dalam waktu dekat, semuanya bagaikan beban dan pasti akan sulit untuk kalian jalani.

Saat kamu merasa masih tertekan untuk membayangkan kehidupan pernikahan dengan pasangan bisa jadi karena pasangan yang terlalu manja, tidak bisa mandiri, terlalu sensitif, egois dan selalu membesar-besarkan masalah sepele wajar saja kamu masih meragukan hubungan kalian. Jangan memaksakan diri untuk melanjutkan hubungan ke jenjang pernikahan.

Atau bisa jadi karena semakin lama kamu menjalani hubungan dengannya, perasaan sayang dan cintamu semakin berkurang karena ada sikapnya yang tidak kamu sukai. Tandanya kalian memang butuh waktu sendiri.

Pastikan kalian memutuskan untuk melanjutkan hubungan kalian bukan karena tekanan dari siapapun, tapi memang karena kesiapan dan kepantasan diri kalian untuk menikah.

 5. Kalian belum menemukan cara untuk mengatasi pertengkaran dalam hubungan kalian

Tidak ada rumah tangga yang bebas masalah dan pertengkaran, itulah kenapa saat kalian pacaran, kalian harus melatih dan membiasakan diri kalian untuk menyelesaikan pertengkaran dalam hubungan kalian dengan baik. Bukannya malah menghindari dan menutup-nutupi masalah dari pasangan.

Tapi kalian harus berani menghadapi pertengkaran, agar kalian bisa menemukan pelajaran berharga dari sebuah pertengkaran dalam hubungan. Setiap pasangan pasti pernah mengalami pertengkarang, tapi tidak semuanya bisa mengatasi pertengkaran dalam hubungan mereka dengan baik.

Tanda kalau hubungan kalian belum siap untuk dilanjutkan ke jenjang pernikahan adalah kalian belum menemukan cara diskusi untuk menyatukan perbedaan pendapat kalian dan belum berani untuk menyampaikan keluhan dan harapan kalian dalam hubungan.

Kamu terus berusaha menutup diri dan menyimpan masalahmu sendiri. Lalu bagaimana nanti saat kalian sudah berumahtangga? Apakah kalian akan terus menutup diri dan menyimpan semua keluhan dan harapanmu pada pasangan sendiri?

 6. Kalian belum sepenuhnya mengenal lingkungan pasangan

Kalau kalian memang belum sepenuhnya mengenal lingkungan pasangan, jangan buru-buru untuk menikah. Karena dari lingkungan pasangan inilah kamu bisa menilai sikap pasangan dan kelayakan hubungan kalian untuk dilanjutkan atau tidak.

Dari teman-teman pasangan juga kamu bisa menilai pribadi seperti apakah pasangan. Selain itu, dengan mengenal teman-teman pasangan, kamu bisa mencari tahu keseharian pasangan seperti apa.

Bahkan biasanya teman-teman pasangan dan teman-temanmu bisa menilai apakah dia memang pasangan yang cocok untukmu atau tidak.

Itulah kenapa setidaknya kalian harus mengenalkan pasangan kalian pada teman-teman kalian sebelum punya niat melanjutkan hubungan ke jenjang pernikahan. Mengenal teman pasangan akan membantu kalian memutuskan apakah hubungan kalian memang sudah siap untuk dilanjutkan ke pernikahan atau belum.

Jangan hanya menuruti keinginan kalian diawal hubungan kalian untuk secepatnya membawa hubungan kalian ke jenjang pernikahan kalau memang kalian merasa belum siap baik secara emosional maupun finansial.

Berumahtangga bukan hanya menjalani kehidupan berdua dan bersama selamanya,  tapi juga menyelesaikan dan menyikapi semua permasalahan dalam Rumah Tangga kalian. Dan itu semua bisa kalian lakukan asal kalian bisa menjaga komitmen, kepercayaan, komunikasi, dan keintiman kalian.

Selain itu juga kamu sebagai pria harus bisa menjadi pemimpin untuk pasanganmu nantinya. Kamu harus bisa memimpin dan mengarahkan wanita untuk menjadi seperti yang kamu inginkan. Kamu tidak harus menuruti semua keinginan wanita, tapi kamu juga harus tahu kapan kamu bisa memanjakan mereka dan kapan kamu harus membiarkan mereka untuk mandiri.

Saat kamu bisa mengarahkan dan memimpin pasanganmu dengan wibawamu sebagai seorang pemimpin, wanita akan lebih percaya dan yakin untuk mengandalkan dan menggantungkan kebahagiaannya padamu. Mereka akan selalu membutuhkanmu.

Dan saat kamu sudah bisa membuat wanita membutuhkan dan mengandalkanmu, tandanya dia pasti akan rela melakukan apapun untukmu. Jadi salah satu kemampuan yang harus kamu miliki agar kamu bisa membuat wanita rela melakukan apapun untukmu adalah jadilah pria pemimpin.

Kamu bisa menjadikan dirimu pria pemimpin bersama kami dalam Pelatihan Menjadi Pria Pemimpin.

download audiobook ilmu pemikat wanita