Menikah Tanpa Resepsi Bukan Masalah, Justru Kamu Bisa Dapatkan 4 Manfaat Ini

Kalau kamu menuruti gengsi dan keinginan orang banyak memang tidak akan ada habis dan puasnya. Karena faktanya kamu tidak akan pernah bisa memuaskan orang banyak kalau kamu sendiri belum bisa memuaskan dirimu sendiri. Jadi daripada kamu memaksakan dirimu untuk punya pesta pernikahan yang mewah hanya karena tuntuntan keluarga dan lingkungan lebih baik kamu pikir-pikir lagi deh.

Memang sih menikah sekali seumur hidup, jadi harus wow harus wah Tapi kan kehidupanmu tidak hanya saat pernikahan saja, kamu masih punya kehidupan setelah menikah yang akan lebih berat lagi bebannya.

Tidak masalah kalau kamu memang sudah merencanakan anggaran khusus untuk pernikahanmu, tapi bukankah ada hal yang lebih penting dan harus kamu prioritaskan dibanding sekedar pesta pernikahan yang mewah?

Toh pesta pernikahanan yang mewah maupun sederhana tidak akan mempengaruhi kebahagiaan rumah tanggamu nantinya.

Jadi, coba pikirkan lagi deh kalau kamu punya rencana foya-foya untuk pernikahan yang hanya sehari saja, lebih baik kamu simpan dan gunakan uang mu untuk 4 hal yang bermanfaat ini:

1. Honeymoon dan travelling keliling dunia

Lebih baik kamu alokasikan dana pesta pernikahanmu untuk pergi honeymoon ke lura negri bersama pasangan atau merencanakan liburan ke tempat yang selama ini kalian impian. Bukankah ini lebih bermanfaat untuk diri kalian? Kalian bisa menikmati momen berdua di tempat impian kalian.

2. Merencanakan bisnis bersama

Selain itu dana pesta pernikahan juga bisa kalian gunakan untuk merencanakan bisnis atau usaha bersama pasangan. Usaha ini bisa menjadi investasi untuk masa depan rumah tangga kalian. Dan pastinya dengan usaha bersama ini juga bisa memperat kedekatan kalian karena kalian bisa menghabiskan waktu bersama pasangan lebih banyak.

 3. Membeli dan membangun rumah

Karena sekarang kamu sudah berumahtangga, saatnya kamu mandiri dan punya rumah sendiri bersama pasangan. Mungkin kamu memang sudah punya anggaran sendiri untuk membeli rumah, tapi dana pesta pernikahanmu juga bisa menjadi tambahan untuk membeli rumah atau bahkan membangun rumah impian kalian.

4. Membeli kendaraan

Daripada uang kamu habis dalam waktu hanya sehari saja, lebih baik kamu investasikan untuk membeli kendaraan seperti mobil untuk mendukung mobilitas kalian juga. Dengan dana pernikahan kamu bisa membeli mobil dengan uang cash.

Dan pastinya mobil ini juga akan lebih memudahkan urusan kalian berdua nantinya. Bijak menggunakan uang berarti menggunakan uangmu untuk investasi jangka panjang, bukan hanya untuk kesenangan sementara.

Bukankah 4 hal itu lebih bermanfaat daripada sekedar foya-foya dan menghamburkan uangmu untuk pesta pernikahan yang hanya sehari saja. Bijaklah mengelola keuanganmu untuk hal-hal yang lebih bermanfaat dibanding hanya sekedar pesta pernikahan yang hanya sehari saja.

Kebahagiaan kalian lebih penting daripada gengsi kalian untuk mengadakan pesta pernikahan yang mewah tapi setelah menikah kalian masih harus memikirkan bagaimana membayar tagihan dari pinjaman untuk pesta pernikahanmu.

Bukankah niatmu menikah untuk bahagia tapi menjadi sedikit berkurang kebahagiaan kalian karena kalian masih punya tanggungan pinjaman.

Jadi, coba pikirkan lagi kalau sekarang kamu sudah merencanakan pesta pernikahan yang mewah tapi tidak punya anggaran sendiri untuk membahagiakan diri kamu dan pasangan.

Kalau memang pasangan menginginkan pesta pernikahan yang mewah setidaknya ingatkan dia untuk merencanakan pesta pernikahan sesuai dengan kemampuan keuangan kalian.

Karena ini adalah pesta pernikahan kalian berdua, jadi kalian memang harus bisa mendiskusikan keinginan kalian. Bukannya malah memaksakan kehendak agar pasangan menerima apa saja yang kamu rencanakan.

Kalaupun pasanganmu memang punya 6 kemampuan istri idaman ini, dia pasti akan menerima alasanmu untuk tidak mengadakan pesta pernikahan yang mewah asal kalian tetap bisa bahagia setelah pernikahan dan menikmati kehidupan pernikahan kalian.