Gimana Cara Nikah Poligami? 6 Syarat Wajib Yang Perlu Kamu Baca!

Poligami di Indonesia memang dianggap sebagai hal yang tabu. Namun tidak banyak orang tahu jika poligami sudah diatur oleh undang-undang negara. Sehingga masih menjadi pro dan kontra di masyarakat.

Memilih pologami tentunya bukan untuk urusan syahwat belaka. Karena tanggung jawabnya jauh lebih besar dari pada nurutin hawa nafsu. Seorang suami dituntut untuk adil kepada istri-istrinya. Di Indoensia memang tidak mudah menjalani hubungan poligami. Karena akan terbentur dengan norma-norma masyarakat yang ada lingkungan tempat kamau tinggal.

Dalam tulisan ini kami tidak mendukung adanya pernikahan poligami. Karena hubugan pernikahan sejatinya adalah ikatan batin antara pria dan wanita untuk membangun sebuah rumah tangga yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Hal itu sudah dijelaskan dalam undang-undang dan secara jelas Indonesia menganut asas monogami.

Cara nikah poligami di Indonesia tergolong sulit dan harus melewati beberapa tahapan. Sehingga banyak terjadi kasus suami menikah lagi tanpa sepengetahuan istri. Meraka punya istri simpanan yang sudah dinikahi secara siri dan tentunya tidak sah secara undang-undang negara ini.

Untuk bisa melakukan poligami yang sah menurut undang-undang setidaknya ada 6 hal yang perlu kamu perhatikan. Dimana prosesdur tersebut sudah dijelaskan dan ditulis dalam undang-undang negara.

6 Syarat Atau Prosedur Poligami

Kalau memang kamu berniat untuk poligami dan ingin mengajukan secara sah ke pengadilan agama, berikut ini syarat yang perlu diperhatikan:

  1. Istri sudah tidak bisa lagi menjalankan kewajibannya sebagai istri.
  2. Istri mengalami cacat tubuh atau menderita penyakit yang sulit disembuhkan.
  3. Istri tidak bisa memberikan keturunan alias mandul.
  4. Istri memberikan izin dengan suka rela tanpa paksaan.
  5. Suami bertanggung jawab dan memastikan bisa bersikap adil untuk memberikan nafkah lahir batin keduanya.
  6. Suami memiliki kemampuan secara materi untuk mencukupi kebutuhan kedua istri dan anak-anaknya.

Itulah 6 hal yang perlu kamu perhatikan jika ingin membangun keluarga poligami yang sah menurut negara. Jangan sampai kehidupan pernikahanmu jadi tidak bahagia. Oleh karena itu pikirkan matang-matang sebelum memilih untuk poligami.

Memang seperti dikatakan diatas, ada kondisi-kondisi tertentu yang membuat pria mengharuskan untuk poligami. Kami menyediakan pelatihan untuk membangun keluarga poligami bahagia. Bagi yang tertarik mengikuti silakan kamu klik tautan dibawah ini:

download audiobook ilmu pemikat wanita