Ingin Punya Hubungan Yang Langgeng Dan Harmonis? Hindari 9 Hal Ini

Hubungan yang langgeng adalah hasil dari kerjasama pasangan yang selalu berusaha untuk saling percaya, menghargai dan ikhlas menerima kekurangan dan kelebihan pasangan. Kalau selama ini kamu sering gagal dalam memepertahankan hubungan, itu karena kamu dan pasangan tidak bisa mengalahkan dan mengendalikan ego dan emosi kalian. Kalian tidak bisa kerjasama dan toleransi satu sama lain.

Tapi tidak sedikit pasangan yang harus menyerah dengan kerjasama dan toleransi dalam hubungan sehingga lebih memilih untuk mengakhiri hubungannya. Kalau hal seperti ini sering kamu lakukan, maka kamu tidak akan pernah punya hubungan yang langgeng sampai kapanpun. Setidaknya, kalau kamu memang ingin punya hubungan yang langgeng, kamu harus bisa menghindari 9 hal ini:

1. Jangan banyak mengeluh dengan semua kekurangan dan kesalahan pasangan

Kalau kamu selalu mengeluh dengan semua kekurangan dan kesalahan pasangan, kamu tidak akan pernah punya hubungan yang langgeng. Karena saat kamu mengeluh, tandanya kamu tidak pernah puas dengan usaha pasangan untuk membahagiakanmu. Dengan keluhanmu ini akan selalu memicu konflik dan pertengkaran diantara kalian.

Kalau kalian sering bertengkar, lama-lama kalian juga akan jenuh dan lebih memilih untuk mengakhiri hubungan kalian. Jadi kalau kamu ingin punya hubungan yang langgeng, belajarlah untuk menerima semua kekurangan dan memaafkan kesalahan pasangan. Kalau pasangan salah bukan berarti pasti kamu yang benar dan kalau pasangan memiliki kekurangan, kamu pun sama.

Belajar menerima kekurangan dan memaafkan kesalahan pasangan juga menunjukkan toleransi dalam hubungan. Kamu sadar bahwa tidak ada manusia sempurna dan tidak pernah melakukan kesalahan. Tapi kamu menunjukan toleransi dengan selalu mengingatkan kebaikan pada pasangan dan memperbaiki kesalahan pasangan agar tidak terulang lagi.

 2. Jangan selalu ingin menang sendiri dan keras kepala

Inilah penyebab utama hubungan yang tidak bisa bertahan lama. Sikap ingin menang sendiri dan keras kepala. Saat terjadi konflik, kamu selalu merasa paling benar dan tidak pernah mendengarkan penjelasan pasangan, bahkan kamu menghakimi pasanganlah yang pasti melakukan kesalahan.

Padahal permasalahan dalam hubungan terjadi bukan karena satu pihak, tapi karena kedua belah pihak pasti bersalah. Usahakan kamu harus menyelesaikan permasalahan dalam hubungan kalian dengan saling diskusi dan mendengarkan penjelasan pasangan kalian.

Jangan egois dengan selalu merasa paling benar sendiri saat terjadi permasalahan, keegoisanmu tidak akan menyelesaikan permasalahan. Kamu harus bisa kompromi dengan pasangan karena memang tidak ada yang benar dan salah.

 3. Jangan terus menuntut pasangan untuk selalu menjadi seperti yang kamu inginkan

Pasangan selalu terlihat kurang dan salah dimata mu sehingga kamu selalu menuntut mereka untuk menjadi seperti yang kamu inginkan. Hal itu terjadi karena kamu tidak bisa toleransi kesalahan kecil yang pasangan kalian lakukan. Harusnya kamu belajar untuk menerima pasangan mu apa adanya kalau kamu memang sayang padanya.

Tapi kalau memang sikap pasangan sudah keterlaluan baru kamu mengingatkannya, hanya mengingatkannya bukan malah menuntutnya untuk berubah menjadi seperti yang kamu inginkan. Mengingatkan pasangan kalau dia berbuat salah agar dia tidak lagi melakukan kesalahan yang sama ke depannya adalah salah satu bukti toleransimu pada pasangan.

Kamu juga harus selalu introspeksi dan evaluasi diri apakah ada sikapmu yang membuat sikap pasangan seperti itu dan bicarakan dengan pasangan apa yang dia tidak suka dari sikapmu agar kalian bisa saling memperbaiki diri.

4. Jangan membandingkan hubungan kalian dengan hubungan orang lain

Saat kamu membandingkan hubungan kalian dengan hubungan orang lain, itu berarti kamu tidak menghargai usaha dan perjuangan pasangan kalian untuk membahagiakan kalian. Karena dengan membandingkan hubungan kalian dengan hubungan orang lain, kamu pasti akan selalu menyalahkan pasangan setiap terjadi permasalahan.

Yang perlu kamu sadari adalah hubungan yang kamu anggap lebih bahagia dari hubunganmu belum tentu bebas dari masalah. Tapi mereka selalu bisa menyelesaikan permasalahan dalam hubungan mereka dengan toleransi dan itulah yang bisa membuat hubungan mereka terlihat bahagia.

 5. Jangan meragukan kepercayaannya dan selalu curiga pada pasangan

Keraguan dan kecurigaanmu pada pasangan akan membuat pasangan lelah untuk selalu menjelaskan dan meminta maaf pada mu atas kesalahan yang tidak pernah dilakukannya. Dan inilah alasan utama kenapa hubunganmu berakhir, karena pasangan lelah dengan drama kecemburuan dan sikap posesif mu pada pasangan.

Selain itu keraguan dan kecurigaanmu pada pasangan ini membuatmu mengekang dan membatasi pasangan dengan aturan dan laranganmu. Padahal pria tidak suka dikekang dan dibatasi. Mereka tidak akan tahan dengan semua batasan mu yang terlalu mengatur dan mengendalikan kehidupannya.

6. Jangan berbohong untuk menyelamatkan dirimu

Hubungan yang sudah dilandasi kebohongan tidak akan pernah langgeng dan bertahan lama karena  kebohongan akan membuat permasalahan semakin besar dan rumit. Meskipun alasanmu berbohong demi kebaikan, tapi tidak akan pernah ada kebaikan dalam kebohongan. Kebohonganmu adalah modal awal dari kehancuran hubunganmu.

Saat kamu membohongi pasangan sama saja kamu membohongi dirimu sendiri karena kamu tidak bisa menerima kenyataan yang tidak sesuai dengan harapanmu.Selain itu saat kalian berbohong, sama saja kalian tidak bisa mempertahankan prinsip dalam hubungan kalian untuk saling jujur dan percaya. Ingat 8 standar dalam hubunganmu ini agar kamu tahu apa yang seharusnya kamu lakukan saat pasangan membohongimu.

7. Jangan menyembunyikan rahasia apapun dari pasangan

Sikap terbuka dan jujur satu sama lain dengan pasangan adalah hal yang harus kamu lakukan saat kamu ingin membuat hubunganmu langgeng. Komunikasikan setiap hal pada pasanganmu, jangan pernah menyembunyikan masalah sekecil apapun pada pasangan. Karena sama saja kamu tidak menghargai dan menganggapnya sebagai pasanganmu yang bisa kamu andalkan.

Sebagai pasangan, kalian harus bisa saling mengandalkan dan mendukung satu sama lain saat terjadi permasalahan dan hal ini bisa kalian lakukan kalau kalian bisa saling terbuka dan jujur satu sama lain dengan rahasia kalian. Dengan sikap jujur dan terbuka mu inilah kalian akan belajar untuk lebih saling mengerti dan memahami satu sama lain.

8. Jangan menuntut pasangan untuk selalu bisa ada disampingmu terus-menerus

Meskipun kalian pasangan, kamu tidak boleh terus menuntutnya untuk selalu bersama mu setiap waktu, karena pasanganmu juga punya kehidupan pribadinya sendiri, begitupun kamu tetap harus bisa melakukan kesibukanmu sendiri. Bebaskan pasangan melakukan apa yang dia inginkan, karena semakin kamu membatasi dan mengekang pasangan, semakin mereka melawan arus dan melakukan apa yang kamu takutkan.

Kalian harus bisa membagi waktu untuk menikmati waktu kalian sendiri, tidak terus-menerus bersama pasangan kalian. Kalian memang tetap butuh waktu yang berkualitas untuk bersama, tapi bukan berarti terus-menerus menuntutnya untuk selalu bersama mu.

9. Jangan terus-menerus mengungkit masalalu kalian

Biarkan kesalahan masalalu kalian menjadi pelajaran untuk kalian sendiri, kalian tidak perlu terlalu mencampuri kehidupan masalalu pasangan kalian. Yang perlu kalian lakukan sekarang adalah melakukan yang terbaik untuk hubungan kalian sekarang, bukannya malah terus-menerus mengungkit kehidupan masalalu pasangan.

Apalagi kalau kamu selalu menyalahkan pasangan hanya karena kesalahan yang dilakukannya di masalalu, itu berarti kamu masih dendam dan belum bisa memaafkan kesalahan pasangan, kalau kamu masih menyimpan dendam pada pasangan, lebih baik kamu selesaikan dulu saja itu bersama pasangan. Maafkan pasanganmu dulu agar masalah yang sama tidak terjadi lagi.

Lebih baiknya lagi setelah pasangan minta maaf padamu dan kamu sudah memaafkannya, kalian buat saja kesepakatan untuk tidak lagi mengungkit-ungkit kesalahan pasangan kalian dan buat perjanjian apa yang harus pasangan lakukan kalau melanggar kesepakatan. Inilah kenapa kalian membutuhkan batasan diri dalam hubungan agar kalian mendapat perlakuan seperti apa yang kalian inginkan.

Mempertahankan hubungan memang bukan hal yang mudah, tapi bukan berarti tidak mungkin kalau kalian bisa kerjasama dan toleransi untuk memperbaiki kesalahan dan menyelesaikan setiap permasalahan dalam hubungan secepat mungkin.

Mungkin memang pasanganmu sekarang belum tentu jodoh kamu, tapi bukankah kamu tetap harus bisa mempertahankan komitmen yang baik dalam hubungan kalian dengan mempertahankan hubungan agar bisa langgeng. Terlebih kalau kamu memang berharap pasanganmu yang sekarang adalah jodohmu, kamu harus bisa mempertahankannya dengan menghindari 9 hal tersebut.

Mempertahankan hubungan yang langgeng hanya bisa dilakukan oleh pasangan yang sama-sama dewasa dalam menyikapi permasalahan. Karena dengan kedewasaan mereka dalam menyikapi permasalahan inilah yang menjadikan hubungan mereka selalu bisa melewati konflik apapun yang terjadi.

Bahkan pasangan yang dewasa selalu bisa menjadikan permasalahan dan konflik dalam hubungan mereka sebagai pelajaran dan penguat hubungan mereka.

Jadi pastikan kamu sudah menjadikan dirimu pria dewasa yang punya kestabilan dan kecerdasan emosional agar kamu selalu bisa menyikapi setiap permasalahan dalam hidup dan hubunganmu dengan kedewasaan yang kamu miliki.

Dapatkan lebih banyak rahasia dan cara untuk menjadikanmu pria dewasa yang punya kestabilan dan kecerdasan emosional dengan download audiobook dari kami.

download audiobook ilmu pemikat wanita