5 Hal Sederhana Yang Sering Kamu Lupakan Agar Hubungan Kalian Selalu Bahagia

Mempertahankan hubungan bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, banyak hal dan kemampuan yang harus kamu miliki untuk bisa mempertahankan hubungan. Bukan hanya sekedar modal cinta, tapi juga butuh perjuangan dan usaha. Kalau kamu memang tulus mencintai pasanganmu, kamu pasti akan melakukan usaha dan perjuangan terbaik untuk mempertahankan hubungan kalian.

Terutama untuk mempertahankan hubungan agar kalian tetap bisa saling membahagiakan dan bahagia dalam hubungan. Kalau hanya sekedar mempertahankan hubungan, kalian hanya butuh komunikasi yang sehat dan cerdas, saling jujur dan terbuka, saling percaya, menjaga keintiman, dan toleransi. Itu adalah beberapa hal yang kamu butuhkan agar kalian punya komitmen untuk mempertahankan hubungan kalian.

Tapi kalau kamu ingin mempertahankan hubungan yang saling membahagiakan ada beberapa kebiasaan yang harus kamu terapkan dalam hubunganmu mulai sekarang:

1. Keterbukaan dalam komunikasi dan tidak menutupi rahasia apapun dari pasangan

Inilah yang terkadang sering kalian lupakan dalam hubungan kalian, keterbukaan dalam komunikasi. Mungkin niat awal kalian baik untuk menutupi sesuatu agar pasangan tidak merasa tersakiti, tapi tidak ada kebaikan dalam kebohongan. Cepat atau lambat saat pasangan tahu rahasia/kebohonganmu, dia akan kecewa kenapa kamu tidak jujur dari awal dengan rahasiamu.

Selain itu, keterbukaan komunikasi adalah dengan selalu mengatakan semua keluhan dan kekecewaanmu pada pasangan, dengan begitu juga jelas sikap mana yang harus pasanganmu perbaiki.

Pasanganmu bukanlah mind reader yang bisa membaca pikiran dan tahu keinginannmu. Jadi, daripada kamu memendam keinginan, keluhan dan harapanmu sendiri dan terus berharap pasangan tahu apa yang kamu inginkan tanpa kamu mengatakannya, lebih baik belajarlah untuk berterus terang dan terbuka pada pasangan.

2. Buat kesepakatan permasalahan seperti apa yang boleh kalian debatkan

Selama ini kalian sering menghadapi permasalahan-permasalahan sepele karena kalian tidak punya kesepakatan di awal hubungan permasalahan seperti apa yang bisa kalian perdebatkan.

Dengan begitu kalian tidak akan lagi membesar-besarkan masalah kecil dan hanya membahas masalah yang perlu dibahas bersama demi kebaikan hubungan kalian.

Selain itu pastikan kalian selalu menyelesaikan setiap permasalahan kalian dengan tuntas. Jangan sampai permasalahan kecil di masalalu harus kamu bahas saat kalian mendebatkan masalah baru.

Jangan biarkan masalah kecil dimasalalu kalian menumpuk dan membuat kalian harus terus mengingat-ingat kesalahan pasangan. Dan itulah yang terkadang memicu konflik dalam hubungan karena kalian belum sepenuhnya memaafkan kesalahan pasangan dimasalalu.

3. Berusaha untuk mengekspresikan diri dengan mengatakan apapun yang kamu pikirkan dan rasakan

Jangan terus berharap pasangan bisa menjadi mind reader yang tahu apa yang kamu inginkan dan butuhkan tanpa kamu mengatakannya. Pasanganmu tidak akan pernah tahu apa yang benar-benar kamu inginkan begitupun sebaliknya.

Jadi jangan sering menduga-duga bahwa pasangan bisa mengerti semua kode-kode yang kamu berikan pada mereka.

Mulai sekarang kalau kamu memang merasa kecewa, kesal, marah karena pasangan tidak melakukan apa yang kamu harapkan, katakan saja, jangan hanya menyimpannya. Misalnya saja saat pasangan memang sedang sibuk dan tidak bisa memberimu kabar, jangan langsung menduga-duga dia sedang selingkuh dan tiba-tiba mendiamkannya. Tapi tanyakan langsung padanya, dengan begitu kamu mendapatkan penjelasannya.

4. Memberikan kebebasan pada pasangan untuk melakukan apapun yang diinginkannya dan menjadi pribadi yang lebih dewasa

Memberikan kebebasan pada pasangan untuk melakukan apapun yang diinginkannya sama saja memberikan kepercayaan pada pasangan. Dan hubungan yang sudah punya landasan kepercayaan yang baik pasti akan langgeng dan saling membahagiakan.

Kalian harus menyadari bahwa pasangan juga punya kehidupan lain selain denganmu, jadi beri dia kebebasan untuk menikmati kehidupannya tanpa dirimu. Jangan terus memaksa pasangan untuk selalu ada untukmu. Kalian juga butuh waktu sendiri untuk menikmati kehidupan pribadi kalian tanpa pasangan agar kalian tidak terlalu bergantung dan mengandalkan pasangan kalian.

 5. Mencintai dirimu sendiri agar kamu bisa membagikan dan merasakan cinta pasangan

Setelah kamu punya pasangan, kamu pasti akan memprioritaskan pasanganmu dibanding dirimu sendiri. Dan inilah yang membuatmu lupa untuk tetap bisa mencintai dirimu sendiri agar kamu juga lebih bisa membagikan dan merasakan cinta dari pasangan.

Saat kamu bisa mencintai dirimu sendiri, kamu tidak akan mengubah dirimu hanya untuk membahagiakan pasangan. Dengan perubahan yang kamu lakukan itu tandanya kamu tidak nyaman dengan dirimu sendiri. Dan hanya pasanganlah yang bisa membuatmu nyaman. Lama-lama kamu jadi bergantung dan mengandalkan pasanganmu.

Kalau kamu sudah bergantung dan mengandalkan pasanganmu untuk bisa membahagiakan dan mencintaimu, hidupmu juga otomatis akan dikontrol dan dikendalikan oleh pasanganmu.

Jadi, pastikan kamu harus selalu bisa mencintai dan memprioritaskan dirimu sendiri sebelum pasanganmu agar kamu tidak akan mengubah dirimu hanya untuk memenuhi ekspektasi pasangan tentang mu.

Inti dari kelima hal sederhana yang harus kamu lakukan untuk mempertahankan hubungan yang membahagiakan tersebut adalah berusahalah untuk terus belajar mengenali pasanganmu setiap hari. Memberi dukungan, perhatian, kepedulian tehadap apapun dan siapapun yang dekat dengan pasanganmu, termasuk keluarga dan teman-temannya.

Asal kalian tetap bisa menerima dan nyaman dengan kekurangan pasangan, kalian pasti tidak akan memaksakan pendapat kalian untuk menjadikan pasangan seperti apa yang kalian inginkan.

Karena seringkali, perpisahan terjadi karena kalian memaksa dan menuntut pasangan untuk memenuhi ekpektasi kalian.

Dan inilah yang harus kamu hindari dalam hubunganmu. Hindari ekpektasi yang berlebih untuk menjadikan pasangan seperti apa yang kamu inginkan. Kamu harus mulai menyadari dan belajar bahwa setiap orang punya kekurangannya masing-masing dan tugas kalian sebagai pasangan adalah saling melengkapi kekurangan dan kelebihan pasangan.

Saat pasangan punya kekurangan, pasti kamu punya kelebihannya, begitupun sebaliknya. Tapi pasangan yang saling melengkapi selalu menemukan cara untuk menerima kekurangan dan kelebihan pasangannya.

Kamu tidak banyak berekspektasi pada pasangan karena kamu juga menyadari kalau kamu juga punya kekurangan.